Tugas Video Sismul – Kelompok 10

Our Team :
1601218211 Denis Sunardi – Camera Man
1601226296 Erwin Surianto – Video Editor
1601218350 Irvanho – Art Director
1601218691 Jessica Octa Viana – Story Board
1601218716 Vanny Tjahyadi – Director

300pictures proudly presents

Iron Man Vs Robot

Di Blog kali ini saya ingin membahas mengenai video yang saya dan kelompok saya telah buat.
Sebelum melihat dan menjelaskan videonya, saya ingin memperlihatkan Story Board-nya terlebih dahulu.
Apa itu Story Board ? Story Board adalah suatu sketsa/gambar yang menceritakan alur sebuah cerita sebelum cerita tersebut dibuat menjadi suatu aplikasi multimedia.

Langsungg ajaa yuuu dilihatt story boardnya ~~~~

Image-7-218x300Image-218x300

Image-2-218x300Image-5-218x300

 

Nahh… Gimana-gimanaa mengenaii story boardnya. Sebelumnya buat kamuu yang bingung gimana cara bikin story board? Gampangg aja, story board bisa aja kamu bikin mirip seperti komik lalu ceritakan alur cerita yang ingin kamu buat, untuk membuat Story Board kamu ga perlu gambar sedetail mungkin kamu cukup menggambar secara halus tokoh-tokoh yang ada dan beri ciri-ciri tokoh tersebut agar tidak tertukar.

Cukupp mengenai Story Boardnya, disini kita langsung aja lihat ke videonya yuuu ~~~

Nah buat video yang diatas itu video pertama kali dibuat, tapi karena ada beberapa masukan maka kita mengedit beberapa hal-hal yang kurang tersebut

Di atas adalah video yang telah kami edit.

Hal-hal yang kami edit adalah :

1. Penggunaan bahasa yang lebih baik (tidak kasar), kenapa kita merubah bahasa yang ada? Soalnya menurut kita video ini bisa ditonton untuk berbagai umur dan kalangan, jadi kita takut akan ada anak di bawah umur yang nonton dan melihat kata-kata yang kasar tersebut.

2. Durasi scene dan timing yang lebih di sesuaikan lagi.

3. Penggantian nama cast

Nah… Buat yang masih bingung ini video menceritakan tentang apa. Saya akan memberi penjelasan singkat aja.

Video ini menceritakan tentang ironman yang sedang bersantai ria di kolam renang, tapi kemudian ada robot yang ingin mencari masalah. Maka dari itu iron man ingin memberantas robot tersebut, terjadilah adegan pukul memukul antar ironman dan robot itu. Pas adegan pukul memukul, ironman lengah dan berhasil dipukul robot sampai jatuh tak berdaya. Tapi untungnya pas robotnya lengah ada seorang manusia yang menginjak robot itu. Akhirnya Ironman menangg !! hehe..

 

Nah penjelasan mengenai storyboard uda, cerita videonya juga uda… Sekarang saya mau menjelaskan cara dan teknik video kami.

Video ini menggunakan teknik Stop Motion.

Apa sih Stop Motion itu? Stop Motion di video kami itu teknik yang menggabungkan beberapa foto-foto menjadi sebuah video.

Buat Teknik Stop Motion di video kami memang masihh banyak banget kekurangannya. Tapi belajar dari pengalaman yang ada, saya ingin memberi beberapa tips dalam membuat Video Stop Motion.

TIPS STOP MOTION :

1. Kalau kamu mau membuat video dengan objek yang bergerak seperti diatas, kamu harus bikin objek itu bergerak pelan-pelan dalam artian disini kalau mau buat adegan robot angkat tangan itu harus dari bawah makin lama makin di naikin, jangan langsung dari bawah terus selanjutnya tangannya uda diatas.

2. Kesabaran yang lebih. Buat stop motion sendiri kamu harus punya kesabaran lebih, kenapa ? Selain kamu harus menggerakkan objeknya perlahan, kamu juga harus mengambil banyak gambar untuk menjadikan sebuat video.

3. Perhatikan saat sesi mengambil gambar! Jangan ada teman kamu yang kelihatan (tanpa sengaja keambil). Kami menyebutnya “BOCOR”, nah kalau ada temen kami yang ikutan eksis pas ngambil gambar kami pasti langsung teriak “BOCOR BOCOR!!” hehe

4. Lebih bagus untuk pengambilan Stop Motion di Indoor. Kenapa? Soalnya kalau Outdoor kita harus nyesuaiin sama cuaca yang kemarin-kemarin. Mungkin aja hari ini terang terus besoknya mendung.

Nah sekian tips dari saya.

Kami kelompok 10 Sistem Multimedia – 04PLT sudah berusaha semaksimal mungkin. hehe… Jadi maaf sebelumnya buat video yang masih banyak kekurangan itu.

 

TERIMA KASIHHH~~ ^_^

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *